Fakta Unik Kota Makassar

No Comments
Fakta Unik Kota Makassar - Makassar adalah salah satu kota di Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Selatan, sebagai pintu masuk Indonesia timur. Berikut beberapa fakta unik yang harus diketahui jika ingin berkunjung di kota Makassar.

1. Kuliner daging sapi




Makanan daging adalah salah satu makanan khas di Makassar, seperti pallu basa, sop saudara, konro, sop kikil dan yang paling legendaris adalah coto yang tersohor hingga mancanegara, sehingga tidak asing lagi jika salah satu tujuan wisata di makassar adalah wisata kuliner. So, jika kalian berkunjung ke Makassar terutama pecinta kuliner, maka mencicipi kuliner di Makassar terutama coto sangat direkomendasikan, untuk harganya sendiri cukup bervariasi dengan patokan per porsi (1 mangkuk) coto antara Rp15000 sampai Rp25000 dan ketupat seharga Rp2000 sampai Rp3000

2. Pantai yang indah juga ada di Makassar



Pantai Kodingaren (Makassar)

Pantai Marina Korongbatu (Bantaeng)

Siapa bilang kalau cari pantai yang indah di Indonesia hanya ada di bali, raja ampat atau di bunaken, di kota Makassar juga ada...
Pantai yang terdapat di kota ini juga tidak kalah menarik, beberapa pantai berpasir putih di kota ini masih sangat alami seperti pantai samalona, kodingaren, laelae, lajjukan, kapoposang, barangcaddi, baranglompo dan lainnya
Selain di kota Makassar, ada juga pantai yang tidak kalah menarik yaitu pantai korongbatu (marina) di kabupaten Bantaeng dan pantai bira di kabupaten bulukumba. Jarak dari kota Makassar ke pantai korongbatu di kabupaten bantaeng kurang lebih 120 Km dengan jarak tempuh kurang lebih 3 sampai 4 jam dengan roda dua maupun roda empat,  waktu postingan ini dibuat, pantai korongbatu sudah melalui renovasi dan pembangunan dengan berbagai fasilitas seperti hotel, vila, pondok, lapangan dan lain-lain, walaupun belum benar-benar rampung pantai ini bisa menjadi destinasi wisata pantai andalan kabupaten bantaeng.
Untuk pantai bira sendiri bisa ditempuh dengan roda dua atau empat dengan waktu 4,5 sampai 5 jam dengan panjang kurang lebih 140 km, untuk menuju ke pantai bira di kabupaten bulukumba, kita juga melewati kabupaten bantaeng.

3 Ada masjid terapung



Masjid Amirul Mukminim

Bukan hanya ada di jedda, masjid terapung juga ada di kota Makassar, Masjid Amirul Mukminin ini dekat dengan Pantai Losari. Selain kita bisa menikmati indahnya pantai, tentu saja kita bisa melangsungkan sholat di masjid. Yang paling unik dari masjid ini yaitu dimana masjid berada di tengah-tengah laut. Di dalam masjid sendiri, dihiasi dengan lampu-lampu yang sangat menawan dan juga terdapat buku-buku sejarah


4. Kasar tapi sebenarnya ramah

Umumnya orang dari luar makassar yang baru pertama kali ngobrol dengan orang makassar pasti kaget dengan nada tinggi suara orang makassar, suara tinggi orang makassar biasanya dianggap seperti orang yang sedang marah tapi sebenarnya tidak.
Pada dasarnya orang makassar juga ramah seperti pada umumnya orang dari daerah lainnya, tapi bukan berarti semua orang di kota Makassar adalah orang yang ramah, beberapa contoh situasi orang Makassar seperti supir pete-pete (mikrolet) kadang saling berteriak dengan sesama supir namun hangat dan akrab atau orang-orang yang ada di pasar yang kadang tawar menawar dengan nada tinggi ditambah beberapa ejekan yang pada akhirnya deal dan tertawa juga. So, kalau berkunjung ke Makassar jangan kaget yaa :)

5. Punya Aksara daerah

Aksara Lontara Makassar

Kalau di jawa ada aksara jawa, di Makassar juga ada aksara lontara yang pada jaman dulu dipakai untuk menulis berbagai macam dokumen, sekarang juga masih tetap dipakai di papan nama jalan di kota Makassar. Walaupun pemerintah mengupayakan melestarikan budaya aksara lontara namun banyak kaum muda Makassar yang melupakan budaya ini, bahasa makassar mungkin masih terdengar akrab ditelinga kaum muda Makassar, namun ketika harus menulis atau membaca aksara lontara kebanyakan mereka tidak bisa.

6. Ada china town



China Town Makassar

Gerbang berwarna merah mencolok menjadi tanda kita sedang menjejak di wilayah China Town Makassar. Disini terdapat bangunan tua dengan desain khas Negeri Tirai Bambu berjejer rapi. Diwilayah ini terdapat pasar malam yang diadakan setiap sabtu malam yang menjajakan berbagai jajanan tradisional maupun modern. Jika ada di Makassar jangan lupa berkunjung di china town yaa.

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.